Mengenal Syekh Yusuf, Pahlawan Nasional Indonesia dan Afrika Yang Ramai Dapat Ucapan Ulang Tahun

- Minggu, 3 Juli 2022 | 12:58 WIB
Pahlawan Nasional, Syekh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati Al-Makasari Al-BantanSyekh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati Al-Makasari Al-Bantani.  (Dok.Wikipedia)
Pahlawan Nasional, Syekh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati Al-Makasari Al-BantanSyekh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati Al-Makasari Al-Bantani. (Dok.Wikipedia)

EDARAN.ID -- Meski telah lama meninggalkan dunia fana, ucapan ulang tahun buat Syekh Yusuf yang jatuh pada 3 Juli 2022 ramai di media sosial.

Syekh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati Al-Makassari Al- Bantani itu lahir di Gowa, 3 Juli 1626, Wafat di CapeTown Afrika Selatan, 23 Mei 1699.

Di kutip dari Wikipedia, Syekh Yusuf juga dikenal sebagai Tuanta Salamaka ri Gowa (tuan guru penyelamat kita dari Gowa) oleh pendukungnya di kalangan rakyat Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Minta Dijual dari Manchester United, di Mana CR7 Berlabuh?

Syekh Yusuf lahir dari pasangan Abdullah dengan Aminah. Ketika lahir ia dinamakan Abadin Tadia Tjoessoep atau Muhammad Yusuf,

Suatu nama yang diberikan oleh Sultan Alauddin yang berkuasa sejak 1593 - wafat 15 Juni 1639, penguasa Gowa pertama yang muslim raja Gowa, yang juga adalah kerabat ibu Syekh Yusuf.

Ketika Kesultanan Gowa mengalami kalah perang terhadap Belanda, Syekh Yusuf pindah ke Banten dan diangkat menjadi mufti di sana.

Baca Juga: Hati hati Memilih Travel, 46 Calon Haji Indonesia Dipulangkan Meski Sudah Kenakan Pakaian Ihram

Pada periode ini Kesultanan Banten menjadi pusat pendidikan agama Islam, dan Syekh Yusuf memiliki murid dari berbagai daerah, termasuk 400 orang asal Makassar yang dipimpin oleh Ali Karaeng Bisai.

Tak hanya di Nusantara, Syekh Yusuf memperluas ajarannya, salah satunya di Sri Lanka, Syekh Yusuf aktif dalam menyebarkan agama Islam.

Halaman:

Editor: Andi Rini Wahyuningsih

Tags

Terkini

Sanksi Berat Menanti Penerima Beasiswa LPDP

Sabtu, 30 Juli 2022 | 07:59 WIB
X