EDARAN.ID – Donat J.Co menjadi salah satu donat favorit masyarakat Indonesia.
Gerai donat J.Co banyak dijumpai di mall.
Donat J.Co kembali menjadi perbincangan beberapa waktu terakhir ini.
Pasalnya, Donat J.Co diisukan sebagai produk pro Israel, sehingga dimasukkan dalam daftar boikot.
Namun ternyata, Donat J.Co adalah produk asli dari Indonesia.
Pemilik donat ini bernama Johny Andrean. Berikut profilnya:
Nama Johnny Andrean cukup populer di Indonesia.
Pasalnya, pria asal Singkawang, Kalimantan Barat itu, adalah pengusaha salon kecantikan.
Produk Johnny Andrean juga cukup populer di jual di Indonesia.
Johnny merantau ke Jakarta pada tahun 1970-an, dengan modal keterampilan ‘tukang cukur’ dari ibunya.
Pada tahun 1978, ia kemudian mencoba bertahan hidup dengan mendirikan sebuah salon kecil-kecilan.
Salon Johny Andrean pada awalnya terletak di Jakarta Utara.
Karena kepandaiannya dalam menata rambut dan keramahannya terhadap pelanggannya, kemudian membuat usaha salon Johnny Andrean berkembang dengan pesat.
Ia dikenal sebagai ‘Si Tukang Keramas’ karena kepandaiannya dalam menata model rambut dan memberikan model gaya rambut baru.
Pelanggannya semakin ramai, lalu ia kemudian membuka cabang di bilangan Mangga Besar, kemudian salon ketiganya ia buka di kawasan Wahid Hasyim dan setelah itu di wilayah Kebayoran Baru yang semuanya berada di wilayah Jakarta.
Lalu apa hubungannya dengan Donat J.Co?
Johnny Andrean memiliki hobi melancong keluar negeri, sehingga ia banyak mencicipi aneka makanan luar, termasuk donat yang biasa di jual di mall-mall.
Ia melihat donat yang dijual di Indonesia pada masa itu memiliki kelemahan dan kurang menjaga kualitas.
Setelah traveling dari Eropa, Asia hingga ke Amerika, Johnny Andrean kemudian membuat mengambil konsep, bentuk dan rasa seperti di toko donat Amerika.
Untuk membuat donat ia menggunakan mesin modern dari adonan hingga selesai.
Bahkan bahan-bahan untuk donat J.Co, sebagian ia impor langsung seperti coklat dari Belgia, susu dari Selandia Baru dan biji kopi ia datangkan dari Kostarika atau Italia.
Untuk konsep penyajiannya, ia mempelajarinya dari Eropa, kemudian untuk urusan display ia adopsi dari Jepang.
Sehingga Donat J.Co menjadi donat gabungan dari beberapa konsep di belahan dunia.
Terus berinovasi merupakan kunci sukses Johnny Andrean untuk berkembang dan mendapatkan kepercayaan konsumen.
Sehingga ketika Donat J.Co resmi dibuka tahun 2005, ia terus mendapatkan sambutan yang luar biasa dari konsumennya.
Dan saat ini, gerai J.Co milik Johnny Andrean telah tumbuh dan mencapai ratusan gerai yang tersebar di mall-mall maupun pusat perbelanjaan di kota-kota di Indonesia. ***