Program Smart Village dari Kemendes PDTT Bakal Sentuh Desa di Bantaeng

- Sabtu, 26 November 2022 | 10:33 WIB
kepala Pusat Pengembangan Daya Saing (Pusdaing) Kemendes PDTT, Helmiati saat berkunjung ke Desa Labbo, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, Kamis, 24 November 2022. (Edaran.id)
kepala Pusat Pengembangan Daya Saing (Pusdaing) Kemendes PDTT, Helmiati saat berkunjung ke Desa Labbo, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, Kamis, 24 November 2022. (Edaran.id)

EDARAN.ID -- Sejumlah desa di Bantaeng akan menjadi lokus pelaksanaan smart village yang merupakan program dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Kabupaten Bantaeng akan masuk dalam pengembangan program desa cerdas fase III.

Hal itu diungkapkan kepala Pusat Pengembangan Daya Saing (Pusdaing) Kemendes PDTT, Helmiati saat berkunjung ke Desa Labbo, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, Kamis, 24 November 2022.

Baca Juga: Doakan Korban Gempa Bumi Di Cianjur, Polres Bulukumba Gelar Salat Gaib

Keberadaan smart village di desa ini akan diperkuat dengan kehadiran Duta Digital yang akan direkrut oleh Kementerian Desa PDTT.

"Duta digital akan direkrut oleh pusat. Satu orang duta digital akan membawahi lima desa. Dia akan mengawal program smart village ini di desa masing-masing," jelas dia.

Dia menambahkan, konsep smart village ini terdiri dari enam pilar. Di antaranya smart people; smart living; smart environment; smart government; smart economics, dan smart mobility.

Baca Juga: Seorang Pemotor Tewas Usai Tabrak Angkot di Tangerang

Keenam pilar tersebut menunjukkan bagaimana Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi telah mencoba untuk melokalkan SDGs hingga tingkat akar rumput masyarakat perdesaan.

“Smart village adalah konsep dan alat yang kuat untuk menyelesaikan berbagai masalah,” ujarnya

Halaman:

Editor: Nurjannah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polres Bulukumba Amankan Sabu Seberat 1 Kilogram

Kamis, 26 Januari 2023 | 12:00 WIB
X